Dorong Mahasiswa Jadi Enterpreneur, BEM KM Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro Gelar Seminar Kewirausahaan

Selasa, 19 Mar 2024, 03:17:23 WIB - 41 View
Share
Dorong Mahasiswa Jadi Enterpreneur, BEM KM Fakultas Ekonomi  Universitas Bojonegoro Gelar Seminar Kewirausahaan

BOJONEGORO - Dalam upaya melaksanakan Tridarma perguruan tinggi, Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro mengadakan seminar kewirausahaan dengan tajuk “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Mahasiswa untuk Indonesia Kreatif, Inovatif, dan Mandiri.” Pada Senin, 18 Maret 2024, di Hall Suyitno Universitas Bojonegoro.

Tema tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk motivasi untuk mahasiswa sebagai agen of change yang harus bisa mewujudkan mimpi melalui hal apapun salah satunya menekuini bidang enterprenuer guna bisa bisa memanajemen dirinya serta memanajemen segala hal yang berkata dengan usahaya. Hal tersebut dijelaskan secara langsung oleh ketua pelaksana, M. Deny Cahyono Putro.

Seminar diikuti oleh 162 mahasiswa Fakultas Ekonomi yang terdiri dari 2 program studi, yaitu ekonomi pembagunan dan manajemen ritel. Serta dihadiri juga oleh Dekan fakultas ekonomi, Ketua LPM Fakultas Ekonomi, dan Ketua Program Studi Manajemen Ritel.

Dengan narasumber salah seorang pengusaha muda yang memiliki 3 usaha dalam bidang food and beverage terkenal di Bojonegoro. Okky Putra Tjahjono owner Terlanjur Nyman, Kedai Konglo, dan Sego Sambel Cak Jono membagikan pengalamannya selama mengelola bisnis yang bisa terbilang naik turun dan tidak mudah ini agar tetap bisa berdiri di tengah bayaknya kompetitor. Mas Okky, begitu sapaan akrabnya, memberikan banyak tips dalam menjalankan sebuah usaha dan bagaimana beliau memanajemen karyawan serta membuat usaha yang mulai redup menjadi hidup dan bahkan bisa memiliki omset yang sagat luar biasa.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Hartiningsih Astuti, S.E, MM, dalam sambutanya menekankan tentang pentingnya jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa di era yang penuh akan kompetisi ini agar dapat membaca peluang-peluang yang ada di sekitarnya.

“Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat memberikan motivasi untuk mahasiswa menjadi seorang enterprenuer dan pelaku-pelaku bisnis yang pastinya membutuhka motivasi serta jaringan agar dapat berkembang dalam menjalankan bisnisnya.” Tutur Bu Tutik panggilan sehari-hari Dekan Fakultas Ekonomi ini.

Seminar ini berjalan dengan sangat meriah karena mendapat begitu banyak antusias dari ratusan pesertanya. Berbagai pertanyaan hadir dan dijawab dengan begitu piawai oleh Mas Okky yang memang sudah pernah merasakan asam garam dunia bisnis. Selain mendapat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan, tiket kupon makan gratis juga mereka bawa pulang sebagai hadiah atas partisipasinya selama acara berlangsung.